1. Image Search

 

Fitur ini adalah salah satu unggulan dari MIUI 9 yaitu Pencarian Foto/Gambar. Dengan fitur ini maka pengguna Xiaomi dapat memfilter foto sesuai keyword (kata kunci), mirip seperti Google Photos. Maksud dari Keyword disini adalah misal kamu mencari kata “selfie”, ketika dicari maka smartphone akan mencari foto yang diambil dari kamera depan.

Atau keyword “Mobile Legends” maka akan tampilkan gambar mengenai Mobile Legends yang sudah ada di dalam smartphone kita jika memang ada. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mencari foto menurut lokasi, ekspresi, acara, dokumen, dan foto screenshot.

2. Smart Assistant

 

Banyak pengguna yang mengira bahwa fitur ini mirip seperti Google Assistant dan Siri, tapi sayang Smart Assistant milik Xiaomi ini belum bisa di sandingkan dengan kedua fitur canggih diatas. Smart Assistant milik Xiaomi ini baru mampu mencari semua hal yang ada di smartphone, seperti jadwal, catatan, foto, dan masih banyak lagi.

Smart Assistant milik Xiaomi ini juga baru mendukung perintah text, jadi kamu harus menulis perintah text tertentu dan jeng-jeng-jeng. Setelah itu kamu akan mendapatkan apa yang kamu perintahkan. Semoga aja fitur ini terus dikembangkan dan menjadi sehebat Google Assistant dan Siri, Sipp.

3. Smart App Launcher

 

Fitur unggulan Miui 9 selanjutnya ialah Smart App Launcher, dengan fitur ini kamu akan dipermudah untuk membuka aplikasi tertentu sesuai konten yang ada di layar. Misalnya kamu sedang membaca atau membuka tentang lokasi, maka ponsel akan merekomendasikan aplikasi yang sesuai di bagian bawah layar yaitu Google Maps atau aplikasi berbasis Maps lainnya.

4. System Optimizations

Seperti yang kita tahu MIUI terkenal sebagai salah satu UI yang berat saat di jalankan, namun di MIUI 9 Xiaomi mengatakan bahwa MIUI 9 ini lebih ringan dan cepat. Fitur ini juga mendukung pembersihan otomatis, optimasi akselerasi CPU, cache management, optimasi thread scheduling, dan masih banyak lagi. Intinya fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja hardware dan software pada smartphone.

5. Lightning Fast System

Sistem Lightning Cepat, sayang kami belum menemukan penjelasan resmi tentang fitur yang satu ini. Namun jika diartikan, kemungkinan besar fitur ini adalah fitur untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja pada lampu flash yang ada kamera belakang. Atau sobat punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya.

6. Dynamic Resource Allocation

Alokasi Sumber Daya, fitur yang sedikit susah untuk di mengerti. Inti dari fitur baru ini adalah memprioritaskan aplikasi yang tengah berjalan. Jadi, jika kamu sedang menjalankan banyak aplikasi maka sistem akan memprioritaskan aplikasi yang sedang dipakai. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Sangat menarik bukan ?

6.1. Quicker launch-times

Lalu kenapa fitur ini menjadi nomer 6.1? Karena fitur ini menyatu dengan fitur Dynamic Resource Allocation. Quicker launch-times adalah sebuah Fitur yang dapat mempercepat smartphone saat membuka aplikasi. Fitur ini sangat membantu sobat untuk membuka aplikasi menjadi lebih cepat.

7. Split-Screen Multitasking

 

Sebenarnya fitur ini sudah menjadi fitur bawaan di Android 7.0 Nougat, dengan fitur ini maka kamu dapat menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Fitur ini tentu saja sangat cocok untuk perangkat yang mempunyai layar besar seperti Xiaomi Mi Max, Xiaomi Mi Max 2.

Untuk dapat menjalankan fitur ini kamu hanya perlu menekan tombol Recent kemudian tekan tombol yang bertuliskan “SplitScreenMode” yang ada di sebelah kanan atas layar.

Nah itulah 7 fitur baru yang hanya ada di MIUI 9, masih banyak fitur baru yang harus kita coba ya sob terutama fitur Smart Assistant.