9 Tips Mudik yang Aman Untuk Penggila Gadget

0
526
Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Bayangan bertemu keluarga di kampung halaman tentunya sudah menghias di depan mata. Bagaimana dengan rencana perjalanan mudik Anda sob, apakah sudah dipersiapkan dengan matang belum? Bagi sobat yang mudiknya menggunakan transportasi darat tentunya sudah mempersiapkan diri untuk bermacet ria di jalanan bukan ? :). Selain cek kendaraan yang akan sobat gunakan untuk mudik, kondisi fisik yang prima sobat juga cukup cukup penting. Tidak lupa persiapan makanan, untuk didalam perjalanan, dan juga obat-obatan tentunya tidak lupa untuk disiapkan ya sob. Bagaimana dengan persiapan lainnya selama perjalanan?

Nah pada artikel kali ini kami akan mencoba berbagi sedikit tips mudik lebaran buat sobat yang sedang melakukan persiapan untuk mudik, berikut ini ada beberapa tips mudik yang aman untuk penggila gadget. Yuk dicek sob.

1. Siapkan Power Bank

Benda yang satu ini adalah benda yang menjadi pasangan untuk gadget mu yang paling serasi. Tips mudik untuk penggila gadget yang paling utama adalah bawalah baterai cadangan, charger atau power bank. Alasannya sudah tahu kan? Tentu saja agar selalu terhubung dan tidak ketinggalan info atau untuk berkomunikasi. Meskipun di lokasi lokasi umum sudah banyak disediakan colokan untuk mencharge, namun akan lebih baik jika sobat membawa power bank.

2. Suka Musik? Bawa Headset atau Earphone Kesayangan

Tips mudik untuk penggila gadget ini disarankan untuk sobat yang menggunakan kendaraan umum, atau yang pasti bukan pengemudi yah :). Membawa headset atau earphone bisa membantu sobat untuk mengatasi bosan saat macet atau perjalanan yang lama. Namun untuk sobat yang mengemudi kendaraan kami sarankan sebaiknya jangan menggunakan benda ini karena bisa berakibat buruk saat mengemudi.

3. Siapkan Smartphone Case

Meski tergolong hal yang sangat biasa, tips mudik untuk penggila gadget yang satu ini sedikit banyak merupakan hal yang wajib. Mengapa? Demi keamanan smartphone sobat tentunya. Siapkan casing yang mampu melindungi smarphone sobat dari benturan. Siapa tahu smartphone sobat tiba-tiba terjatuh.

4. Phone Holder

Buat sobat yang malas untuk memegang smartphone lama-lama atau agar tidak mengganggu selama mengemudi, ada sebuah alat yang bisa membantu sobat yaitu phone holder. Phone holder ini tersedia untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebagai tips mudik untuk penggila gadget sebaiknya sobat tetap fokus pada kendaraan sobat dan jangan gunakan smartphone saat berkendara, karena bisa memicu kecelakaan.

5. Memakai Sarung Tangan Khusus

Tips mudik untuk penggila gadget yang satu ini khusus untuk sobat yang menggunakan roda dua. Ya, sarung tangan adalah salah satu hal wajib yang perlu untuk dipersiapkan guna melindungi kulit tangan dari sengatan panasnya matahari. Namun biasanya, saat harus membuka smartphone layar sentuh, kita terpaksa harus melepas sarung tangan dahulu. Nah biar gak repot salah satu penyelesaiannya adalah dengan membeli sarung tangan khusus sehingga sobat tetap bisa mengoperasikan smartphone. Jadi gak repot lagi kan :).

6. Isi Kuota Internet

Tips mudik untuk penggila gadget yang selanjutnya adalah isi kuota. Yah memang sih kita bisa isi kuota dimana saja, tetapi agar lebih memudahkan saat perjalanan nanti sebaiknya memang isi kuota dulu agar ditengah jalan tidak perlu berhenti untuk cari pulsa. Apalagi untuk sobat yang menggunakan kendaraan umum, sudah pasti tidak bisa berhenti sesuka hati bukan ?. Selain itu, jika kampung halaman sobat termasuk yang sulit sinyal, akan lebih baik gunakan operator yang terpecaya ada sinyal dimana saja. Agar sobat bisa tetap terhubung dnegan keluarga, sahabat dan rekan rekan lain.

7. Gunakan aplikasi anti maling

Kondisi arus mudik yang padat dan rawan tindak kriminilitas, membuat kita harus berhati-hati dan waspada dengan gadget yang kita bawa sob. Terutama saat kita menggunakan transportasi umum. Untuk itu, pasanglah aplikasi “Anti maling” agar kita masih bisa menelusuri keberadaan gadget saat dicuri dan bisa mengamankan data-data yang ada didalamnya.

8. Gunakan aplikasi navigasi selama perjalanan

Padatnya arus mudik, kerap kali menimbulkan kemacetan panjang, sehingga akan memperpanjang perjalanan dan membuat kita jenuh. Solusinya buat penggila gadget, gunakan Google Maps atau aplikasi navigasi unggulan lain untuk memandu Anda mencari jalur alternatif yang tidak terlalu padat agar bisa mempersingkat perjalanan. Untuk Google Maps, caranya sangat mudah sekali. Sobat tinggal mengetik alamat rumah Sobat, lalu pilih tujuan mudik, misalnya Pekanbaru. Maka, secara otomatis akan ditampilkan rute perjalanan dan jarak tempuhnya. Ada juga pilihan rute alternatif yang bisa digunakan saat jalur utama mengalami macet.

 

 

Demikian adalah beberapa tips dan trik yang bisa sobat gunakan agar mudik terasa nyaman dan tenang. Semoga selamat sampai tujuan dan SELAMAT MERAYAKAN LEBARAN..! (R)