Apa itu LTE Cat 6 ?

21
31201

Apa itu LTE Cat 6 ?

Apa itu LTE Cat 6 ? dan apa bedanya dengan LTE Advanced, LTE Express atau LTE Plus yang sering kita temukan pada iklan operator 4G ?

Ternyata tidak semua Smartphone 4G punya kecepatan download data maksimal yang sama loh, Tergantung Modem 4G yang ditanamkan pada processor-nya (SoC), ada yang “mentok” maksimal di 75Mbps, ada yang bisa mengakomodir kecepatan download maksimal 150Mbps, 300Mbps, 450Mbps bahkan yang tercepat dan telah dikomersilkan saat ini mencapai 600Mbps pada Processor Qualcomm Snapdragon 820.

Angka-angka ini sering juga dikenal berdasarkan LTE Category (LTE Cat) yaitu : .

Angka-angka ini sering juga dikenal berdasarkan LTE Category (LTE Cat) yaitu :
  • 75Mbps  = LTE Cat 3 : 1 Carrier (BTS) x Lebar Spektrum 10Mhz
  • 150Mbps  = LTE Cat 4 : 2 Carrier (BTS) x Lebar Spektrum 10Mhz
  • 300Mbps = LTE Cat 6 : 2 Carrier (BTS) x Lebar Spektrum 20Mhz
  • 450Mbps = LTE Cat 9/10  : 3 Carrier  (BTS) x Lebar Spektrum 20Mhz
  • 600Mbps = LTE Cat 12 : 4 Carrier  (BTS) x Lebar Spektrum 20Mhz

S60211-100058-001

Jadi LTE Cat 6 jelas sudah masuk wilayah LTE Advanced, atau LTE Express, atau LTE Plus ya, istilah-istilah tersebut hanya bahasa marketing saja kok.

Alasannya karena mulai LTE Cat 6 “keatas”, smartphone kita sudah bisa menggabungkan 2 Carrier ber-spektrum 20 Mhz (bisa juga disebut BTS / Kanal 4G, baik yang bentuknya menara maupun Small Cell BTS di dalam gedung atau mall), yang dengan canggihnya disinergikan untuk mendapatkan jalur / pipa data yang lebih lebar, atau dikenal dengan sebutan Carrier Aggregation.

Bahkan di LTE Cat 9 “Keatas”, bisa menggabungkan 3 hingga 4 Carrier sekaligus.

Indonesia Sudah Siap LTE Cat berapa ?

Ada dua cheklist yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu ekosistem 4G tertentu agar bisa digelar dengan baik di suatu wilayah tertentu;

  1. User Equipment (Smartphone 4G kita), dan
  2. Dukungan operator seluler.
User Equipment
Dilihat dari segi User Equipment, ada untungnya Indonesia agak terlambat mengadopsi teknologi 4G, karena rata-rata smartphone 4G yang dijual dipasaran tanah air saat ini, “langsung” support LTE Cat 4, tanpa harus merasakan tahapan-tahapan LTE Cat 1, 2 dan 3. Bahkan device yang support LTE Cat 6 dan 10 juga sudah tersedia, walau sementara hanya pada produk-produk flagship seperti Galaxy Note 5, Galaxy S6 Edge+, LG G4, Xperia Z5 dan lain-lain.
Dukungan Operator
Hingga artikel ini dibuat, pada bulan Januari 2016, baru dua Operator seluler yang sudah mengkomersilkan teknologi Carrier Aggregation atau LTE Advanced ini, yaitu Smartfren dan BOLT!, dan baru BOLT! yang mengklaim teknologi LTE-nya telah support LTE Cat 6.

S60211-100111-001

Bolt Ultra LTE
BOLT! yang terkenal sebagai pelopor 4G Indonesia, lalu ditingkatkan menjadi LTE Cat 5 dengan kecepatan download menembus hingga 150Mbps, sekali lagi kembali menjadi pelopor teknologi LTE Cat 6 di Indonesia,
walau yang perlu jadi catatan, kecepatan download teoritis LTE Cat 6 maksimal bisa mencapai 300Mbps, Sedangkan secara teori Kecepatan 4G LTE BOLT! maksimal “hanya” akan mencapai 225Mbps. Hal ini disebabkan karena BOLT! diberi jatah spektrum oleh pemerintah selebar 15 Mhz saja, sedangkan agar bisa maksimal, LTE Cat.6 membutuhkan spektrum selebar 20 Mhz.
S60211-100111-002
Baca pula artikel lengkap tentang layanan BOLT! Ultra LTE di link ini :
Hal ini terbukti pada saat acara launching BOLT! Ultra LTE 21 September 2015 yang lalu di Jakarta, beberapa kali pengujian menggunakan aplikasi ookla speed test dihadapan media, hasilnya mencapai kisaran 194 Mbps untuk download dan 9 Mbps untuk upload.
Artinya dengan kecepatan 194 Mbps, dalam 1 menit kita bisa download 362 buah lagu MP3 yang rata-rata berukuran 4 MB per lagunya, atau video clip musik yang rata-rata berukuran 40 MB dapat kita download sebanyak 35 buah dalam 1 menit. Luar biasa bukan ?
Pada kondisi real di lapangan, memang kecepatan data yang didapat oleh smartphone kita (Throughput) akan sangat bergantung pada kapasitas jaringan, jumlah pemakai jaringan, hingga gangguan cuaca, posisi dan lain-lain, namun dengan menggunakan teknologi Carrier Aggregation ini, penggunaan spektrum akan lebih efisien, efisien disini artinya, dengan kapasitas yang sama, Quality of Experience (QoE) atau kenyamanan berinternet kita sebagai konsumen akan meningkat, bahkan bisa menghemat batre smartphone kita berkat fitur Dynamic Activation dan hal ini patut kita apresiasi.
Yang dimaksud ULTRA LTE dari BOLT! itu adalah :
  1. Ultra Speed
  2. Ultra Coverage
  3. Ultra Value
Ultra Speed dengan klaim yang tercepat di Indonesia hingga mendekati 200 Mbps tadi,
Ultra Coverage dengan jumlah BTS & Micro Cell 4G terbanyak di Jabodetabek karena telah memiliki 3.500 site, dan meninggalkan pesaing terdekatnya yang beriksar antara 1.200 – 1.400 site saja
Ultra Value dengan harga quota Termurah saat ini, tersedia dalam tiga pilihan, yaitu :
  • Lite Package mulai dari 1,5GB Rp 29 ribu,
  • Basic Package mulai dari 8GB Rp 99 ribu, dan
  • Convenient Package mulai dari 55GB Rp 600 ribu
Baca pula Tiga Benefit BOLT! Ultra LTE di link ini :
Jadi memang tampaknya untuk wilayah Jabodetabek dan Medan, sementara ini BOLT! Memang terlihat paling siap dalam menggelar 4G LTE Cat 6, atau LTE Advanced, atau LTE Plus dan lain-lain.
Catatan
BOLT! memang selangkah didepan para kompetitornya, walau untuk saat ini masih ada beberapa kendala yang harus diperhatikan, diantaranya :
  1. Baik modem maupun smartphone yang support LTE Cat 6 saat ini masih sangat terbatas.
  2. Ingat juga, bahwa BOLT! berjalan di frekuensi 2300Mhz sedangkan rata2 smartphone 4G yang beredar di pasaran hanya support frekuensi 900Mhz dan 1800Mhz,
  3. Kendala lainnya BOLT! hanya melayani akses data internet, yang artinya minus fungsi telepon juga SMS, walau kedepannya akan ada BOLT! Talk yang berbasis Voice over Internet Protocol (VoIP)
Jadi agar jaringan baru BOLT! Ini bisa teroptimalkan, kita harus mencari device yang:
  1. Support LTE Cat 6 atau diatasnya
  2. Dual SIM, dimana SIM 2 diisi kartu untuk telepon dan SMS
  3. Juga support frekuensi 4G di 2300Mhz, bukan hanya di frekuensi 900Mhz dan 1800Mhz saja.
Dan hingga saat ini, dari pantauan saya, baru Dua device saja di pasar tanah air yang memenuhi ketiga syarat diatas, yaitu Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.
Tapi, bila kita melihat kebelakang, ketika pertama kali BOLT! menggelar LTE Cat 5-nya, mereka segera mensupport teknologi tersebut dengan menelurkan beberapa produk modem yang sudah support LTE Cat 5.
Dan kalau kita juga memantau rencana (roadmap) Qualcomm pada lineup Processor Snapdragon kelas menengah hingga high-end di seri 600 dan 800, tak ketinggalan Samsung Exynos hingga Huawei HiSilicon Kirin juga Mediatek di Helio P Series-nya, terlihat sudah siap menggelontorkan SoC (System on Chip) dengan modem yang telah support LTE Cat 6 keatas di tahun 2016 ini. Dan hal ini tampaknya telah terpantau oleh BOLT! yang dengan cerdik mencuri start dalam mengaplikasikan teknologi 4G-LTE tercanggih di Indonesia saat ini.
Kesimpulan
Ada beberapa kesimpulan atau inti dari artikel obatgaptek.net kali ini, diantaranya :
  1. BOLT! Menjadi pelopor terselenggaranya layanan 4G LTE Advanced pada kecepatan data Category 6 melalui program BOLT! Ultra LTE dengan 3 benefit unggulannya.
  2. Teknologi Carrier Aggregation akan meningkatkan efisiensi dari spektrum yang ada, dan meningkatkan Quality of Experience penggunanya.
  3. Pengguna Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus di Jabodetabek juga Medan kini punya pilihan paket data yang sangat menarik, dan yang paling penting dapat mengoptimalkan kecanggihan modem LTE Cat 6 Smartphone mereka.
  4. Tahun 2016 diperkirakan akan menjadi “tahunnya” device ber-modem LTE Cat 6, karena para produsen SoC sudah sangat siap untuk menurunkan teknologi jaringan canggih ini ke kasta yang lebih massal.
  5. Sedikit tips sebelum membeli smartphone 4G di tahun 2016 ini, teliti pula apakah support LTE Cat 6 dan frekuensi 2300Mhz selain frekuensi 4G umum di 900Mhz dan 1800Mhz agar smartphone kita bisa lebih fleksibel dalam memilih operator yang diinginkan.

Demikian sedikit informasi tentang Apa itu LTE Cat 6 ? ,semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.