Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

1
1189

Saat ini semua Smartphone sudah menggunakan fitur touchscreen atau layar sentuh,fitur seperti itu memang perlu diperlakukan secara khusus supaya layar smartphone bisa lebih awet dan tahan lama,karen itu kita sebagai pengguna harus lebih pintar menjaga layar smartphone tersebut.

Menjaga dan merawat layar sentuh pada smartphone memang sangat penting, tapi kebanyakan orang tidak menghiraukan hal ini. Sebenarnya layar sentuh pada kebanyakan smartphone sangatlah rapuh, tapi berkat perkembangan teknologi, semua itu bisa diatasi. Misalnya dengan ditambahkannya layar Gorilla Glass atau teknologi yang serupa dengan itu yang tujuan nya sama, yakni menjadi pelindung layar sentuh.

Tetapi ada sebagian smartphone  layar sentuh belum ditambahkan teknologi Gorilla Glass ataupun teknologi yang serupa, maka dari itu merawat layar sentuh ponsel agar tidak rusak dan awet serta tahan lama merupakan tindakan yang tidak boleh diabaikan. Maka dari itu kami telah merangkum beberapa tips dan cara dalam merawat layar sentuh smartphone yang mudah untuk anda dilakukan sob.:)

1. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Pertama yang kami sarankan  agar jangan menggunakan smartphone anda disaat berada dibawah teriknya sinar matahari langsung, karena kontak langsung sinar matahari pada layar sentuh smartphone bisa mengakibatkan kerusakan pada smartphone, dan dapat menurunkan kualitas layar LCD nya.
2. Matikan Layar Smartphone Jika Tidak Digunakan
Kedua sebaiknya anda nonaktifkan layar sentuh pada smartphone anda apabila tidak digunakan. Jika layar sentuh dibiarkan menyala ketika tidak digunakan, maka akan menyebabkan masalah yaitu berkurangnya intensitas komponen emisi cahaya dan kualitas warna yang dimiliki smartphone anda.

3. Jangan Menekan Layar Smartphone Dengan Keras
Hal seperti ini biasanya terjadi ketika anda sedang asyiknya bermain game. Saking asyik nya anda bermain game, bisa-bisa anda menekan layar sentuh dengan keras. Bila hal ini terjadi secara terus menerus, maka lama kelamaan layar sentuh pada smartphone anda akan rusak, bukan hanya itu, mungkin juga LCD nya juga akan cepat rusak.

4. Jangan Menggunakan Kuku Saat Menekan Layar
Terkadang jari-jari dipenuhi dengan kuku, lalu kuku digunakan untuk mengoperasikan layar smartphone. Ini sangat tidak baik bagi layar smartphone Anda. Kuku yang tajam, keras, mampu merusak layar smartphone. Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan menekan atau mengetuk tombol smartphone dengan kuku.

5. Selalu Bersihkan Layar Smartphone
Hal ini adalah yang paling mendasar jika anda memiliki smartphone layar sentuh. Membersihkan layar sentuh secara rutin bisa menghindari kerusakan pada layar, dan juga bisa menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Caranya bersihkan secara rutin layar smartphone anda menggunakan kain yang lembut atau tissue yang memiliki tekstur halus. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kain khusus, yaitu kain microfiber untuk membersihkannya.

6. Gunakan Pelindung Layar (Screen Protector)
Menggunakan pelindung layar pada smartphone anda adalah hal yang wajib. Ini bertujuan untuk menjaga layar sentuh smartphone anda tetap bersih dari debu, sentuhan langsung tangan anda dan kotoran. Selain itu, pelindung layar ini bisa untuk jaga jaga jika suatu saat ponsel anda terjatuh, maka setidaknya kerusakan pada layar akan bisa dikurangi serta dapat memperpanjang usia smartphone anda. Dan walaupun layar smartphone anda sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass, tetap saja anda harus menambahkan pelindung layar ini karena pada kenyataan nya, teknologi Gorilla Glass jika terjatuh dengan kuat akan pecah atau retak juga. Pelindung layar ini bisa anda beli toko-toko atau bersamaan ketika anda membeli smartphone.

Baca juga : Cara Memasang Tempered Glass

7. Pakai Pelindung Smartphone
Pelindung smartphone bisa berupa aksesoris berupa casing pelindung, atau berupa flip aksesoris untuk melindungi smartphone dan layarnya. Ini menjadi penting karena smartphone yang mahal harus dipelihara dengan ektra agar tetap awet. Seperti ketika saat kita masukkan kedalam kantong celana, atau kedalam tas, jika tidak ada pelindung smartphone akan membuat gesekan pada smartphone dan layar smartphone tentu akan berpengaruh terhadap kinerja layar smartphone nantinya.

8. Jauhkan dari Medan Magnet
Hati hati jika smartphone anda terlalu sering berdekatan dengan medan magnet. Hal ini bisa memicu kerusakan pada smartphone dan layar sentuh nya, selain itu bisa juga mengakibatkan berkurang nya sensitivitas pada layar smartphone. Maka dari itu, jauhkanlah smartphone anda dari medan magnet. Biasanya medan magnet ini terdapat pada beberapa barang elektronik.

Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet dan Tahan Lama  ini sebenarnya sangat lah mudah sekali asal kita mau melaksanakannya, untuk smartphone kesayangan kita 🙂 Anda bisa mengikuti cara-cara diatas agar Layar Smartphone Anda tetap awet dan Tahan Lama. Semoga Cara ini Bermanfaat.

[Rh]