Pada awal September 2017, Xiaomi memperkenalkan smartphone terbarunya yaitu Mi A1 yang mengusung embel-embel Android One. Tak perlu menunggu lama, smartphone tersebut diboyong oleh Xiaomi ke pasar Indonesia pada tanggal 20 September 2017 lalu.

Kembali memberi kejutan, smartphone ini membawa cita rasa yang sangat unik. Ya! Xiaomi meracik smartphone ini bersama Google. Oleh karena itulah ciri khas Android One pun ikut menempel utuh ke dalam smartphone ini.

Ternyata tidak hanya di pasar India, kehadiran Mi A1 di Indonesia juga mendapat respon yang sangat baik. Terbukti, saat setiap kali dijual dalam penawaran flash sale, Xiaomi Mi A1 selalu habis terjual.

Nah, bagi kamu yang masih ragu dan bimbang untuk membeli smartphone ini, berikut adalah alasan mengapa Mi A1 layak untuk kamu beli.

Anti bloatware

Seperti yang telah disinggung, Mi A1 adalah smartphone racikan Xiaomi hasil kerja sama dengan Google. Bentuk kerjasamanya terletak pada piranti lunak yang disematkan. Ya, Mi A1 adalah smartphone Android One yang menggunakan Android murni versi 7.1 alias Nougat.

Membawa embel-embel Android One, smartphone ini pun akan mendapatkan jaminan update ke versi Android 8.0 alias Oreo, bahkan ke versi Android ‘P’ yang sampai saat ini belum diketahui namanya.

Bicara soal keuntungan yang didapat, sistem operasi Android murni alias Stock Android terasa lebih enteng dibanding MIUI. Hal ini disebabkan, tak ada lagi bloatware atau aplikasi-aplikasi bawaan hasil kustomisasi Xiaomi. Dengan begitu, penggunaan RAM juga akan lebih efisien.

Tak hanya itu, smartphone Android One milik Xiaomi ini juga dipastikan akan menerima layanan spesial dari Google, seperti jaminan antivirus, update keamanan, penyimpanan foto tanpa batas di Google Photos, dan layanan Google Assistant yang reponsif.

Flagship dual-camera

Walau sebenarnya masuk ke dalam jajaran smartphone kelas menengah, Xiaomi menjuluki smartphone ini dengan sebutan “flagship dual-camera” yang serupa Mi 6. Julukan yang disandang ternyata sesuai dengan kualitas yang dihadirkan.

Mi A1 sendiri telah dibekali dual-camera utama dengan resolusi 12 MP. Masing-masing lensa yang dibenamkan mengusung wide-angle dengan bukaan f/2.2 dan lensa telephoto dengan bukaan f/2.6. Kombinasi kedua lensa tersebut juga mampu menciptakan foto bokeh yang berkualitas.

Tak ketinggalan, Xiaomi juga melengkapi dual-camera yang disematkan dengan dual-LED flash serta fitur 2x optical zoom. Bahkan, Xiaomi selalu mengagung-agungkan fitur tersebut yang mampu bekerja lebih optimal.

Sementara untuk kamera depannya, Xiaomi membekali Mi A1 dengan lensa yang memiliki resolusi 5 MP. Dukungan kamera depannya memang tak sebaik dual-camera belakang, namun kualitasnya juga tak bisa dibilang buruk.

Desain tidak murahan

Desain menjadi bagian yang benar-benar diperhatikan oleh Xiaomi. Terbukti, Mi A1 membawa desain yang elegan dan terlihat tidak murahan. Satu hal yang tak kalah menarik, bodi smartphone ini dikemas dengan balutan logam yang kuat.

Memang, sekilas Mi A1 bentuknya mirip dengan OnePlus 5 atau pun iPhone 7 Plus. Jadi, bagi kalian yang ingin merasakan sensasi dua smartphone flagship tersebut namun tak punya cukup dana, Mi A1 adalah pilihan yang tepat.

Ramah di kantong

Dengan segala macam keistimewaan dan kecanggihan yang diberikan. Xiaomi menawarkan Mi A1 dengan harga Rp3.099.000. Kami pun sempat kaget dengan harga yang ditawarkan, karena memang tak sebanding dengan segala fitur yang disuguhkan. Sangat menarik bukan, untuk dibeli ?