Jangan Letakkan Smartphone Anda di Saku dan Kasur! Ini Alasannya

0
89

Dampak radiasi oleh Smartphone hingga saat ini masih jadi bahan perdebatan. Sebab ketakutan selama ini yang belum terjawabkan tak lain mengenai pertanyaan apakah ada hubungan antara radiasi dengan penyakit kanker, atau dampak kesehatan lainnya.

Walaupun begitu, pihak Departemen Kesehatan Masyarakat California Amerika Serikat memilih putuskan untuk tidak mengambil resiko. Belum lama ini organisasi tersebut meluncurkan sebuah informasi yang berisi saran kesehatan seperti yang dilansir oleh Engadget.

Dalam saran tersebut mereka mengatakan bahwa alangkah baiknya orang-orang untuk tidak menaruh ponselnya di dalam saku. Tak hanya itu saja, pengguna pun juga disarankan untuk tidak memakai ponsel jika tidak diperlukan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi pelonjakan sinyal seluler ketika jangkauan jaringan sedang tidak stabil.

Jangkauan jaringan yang lemah akan membuat ponsel bekerja lebih ekstra lagi lantaran berusaha menemukan sinyal. Seperti yang dilansir oleh Ubergizmo, Direktur CDPH dan Petugas Kesehatan Masyarakat Negara Bagian Dr. Karen Smith mengatakan, walaupun ilmu sains terus berkembang, namun ada rasa khawatir diantara beberapa ahli dan masyarakat terkait penggunaan jangka panjang dan tinggi terhadap energy yang dipancarkan dari sebuah Smartphone.

“Meskipun sains masih terus berkembang, ada kekhawatiran di antara beberapa profesional kesehatan masyarakat dan anggota masyarakat mengenai penggunaan jangka panjang dan tinggi terhadap energi yang dipancarkan oleh telepon seluler” Ucapnya.

Lebih lanjut ia pun menyarankan untuk tidak melatakkan ponsel di saku, ataupun meletakkan ponsel di dekat tempat tidur. “Kami tahu bahwa langkah-langkah sederhana, seperti tidak membuat ponsel Anda tetap ada di saku Anda dan memindahkannya dari tempat tidur Anda di malam hari, dapat membantu mengurangi paparan bagi anak-anak dan orang dewasa” Pungkasnya.

Saran yang bisa dijadikan pedoman dalam menggunakan ponsel untuk semua pengguna. Sebab hampir seluruh orang bergantung pada perangkat pintar itu lantaran dianggap mampu dalam membantu menyelesaikan berbagai tugas seperti tugas kuliah atau pekerjaan.

Dan bahkan rasanya sangat tidak mungkin untuk bisa jauh dari perangkat tersebut. Dan bagi kamu yang mencemaskan akan isu ini, saran tersebut sangat layak untuk jadi bahan pertimbangan ketika hendak meletakkan Smartphone di saku celana dan tempat tidur.