Mengenal Berbagai Jenis-Jenis Prosesor Pada Smartphone

0
1708

Pada saat ini teknologi memang berkembang sangat pesat, terutama dalam dunia mobile. Istilah prosesor yang dulu hanya dikenal di ranah komputer kini juga sudah mulai identik dengan smartphone.  Hampir semua smartphone yang ada sekarang ini pasti menggunakan prosesor sebagai dapur pacunya. Oleh karena itu kali ini kami akan mencoba membahas jenis-jenis prosesor apa saja yang sering digunakan pada smartphone.

1. Mediatek

Salah satu produsen prosesor besar dari Asia selain Samsung yang banyak digunakan oleh para produsen gadget adalah Mediatek atau yang biasa disingkat MTK. Perusahaan yang berbasis di China ini adalah produsen prosesor kelas wahid tetapi memiliki harga yang murah. Jika Anda melihat spesifikasi gadget-gadget lokal seperti  IMO, Mito, Lenovo, ataupun Acer, tentu akan terlihat bahwa prosesor yang digunakan kebanyakan adalah buatan Mediatek.

mtkKhusus bagi Anda yang memiliki budget rendah untuk memiliki gadget Android, gadget dengan prosesor Mediatek adalah solusinya. Untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik, selain itu untuk grafisnya dibantu oleh PowerVR. Namun, sayangnya untuk daya energi, Anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai yang besar. Konsumsi baterainya yang boros adalah minus dari prosesor ini, tetapi untuk kekuatan dalam visualisasi, tenaga baterai tersebut dialihkan untuk menghasilkan visual yang baik dan smooth .

2. Snapdragon

Prosesor jenis ini sering kali tampil pada dapur pacu Smartphone pada saat ini, mungkin anda juga sering menjumpainya tetapi belum mengetahui lebih detail tentangnya. Banyak pihak meyakini bahwa kemampuan prosesor ini lebih bagus jika dibandingkan dengan prosesor lain, karena dapat terlihat pada saat ini banyak sekali Smartphone yang menggunakan CPU jenis ini. Mungkin prosesor ini dapat memberikan kinerja yang baik untuk device serta memiliki beberapa teknologi yang dapat memberikan banyak efek positif pada Smartphone atau Tablet.   snapdragon 3. Exynos

Prosesor Exynos ini dikembangkan oleh perusahaan Samsung Electronics. Prosesor ini dibangun dengan basis System on a Chip (SoC) yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet. Prosesor Exynos ini banyak dipasarkan dengan berbagai jenis yang memiliki beda spesifikasi. Misalnya pada keluaran pertamanya, pihak Samsung Electronics mengeluarkan Exynos 3110 atau hummingbird.  Prosesor jenis ini memang jarang dijumpai pada perangkat – perangkat cerdas jaman sekarang karena sudah digantikan dengan prosesor – prosesor keluaran terbaru. Kelebihan prosesor ini adalah sangat cocok untuk gaming  dan kinerja multitaskingnya. samsungexynos 4. OMAP

OMAP merupakan processor yang diproduksi oleh Texas Instrument, prosesor OMAP ini sering digunakan  oleh smartphone dengan kinerja yang handal diantaranya samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S hingga tablet archos. Keunggulan OMAP mampu memberikan dan memproses tampilan situs pada internet layaknya website pada PC, User interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit, menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu menampilkan video Full HD.

omap
Texas Instrument  juga baru saja memperkenalkan generasi ke lima dari jenis prosesor OMAP. OMP5 yang akan diperkenalkan dalam dua versi, OMAP5430 dan OMAP5432 akan dibangun dengan teknologi semi konduktor 28nm. Penggunaan teknologi ini pun akan semakin meningkatkan efisiensi tenaga dari prosesor. Namun, Anda tidak akan mendapati prosesor Quad Core milik Texas Instrument. Dua prosesor tersebut merupakan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2GHz.
5. Tegra

Prosesor ini dikeluarkan oleh pihak NVIDIA. Prosesor product nvidia ini dikabarkan memang sangat berkembang dikarenakan teknologinya yang lebih dulu menggunakan teknologi quad-core dimana pada saat yang hampir bersamaan , produsen lain masih gencar dengan teknologi dual-core. Prosesor tegra ini adalah NVIDIA Tegra 3 dimana memiliki keunggulan didalam visualisasi yang apik dengan konsumsi daya yang tidak besar. NVIDIA biasanya memang digunakan pada PC yang memang digunakan untuk game, jadi mungkin itu juga tidak jauh dari kinerja NVIDIA tegra untuk Smartphone ini.

tegra-3-phone

Nah, itu tadi sedikit dari kami tentang Berbagai jenis-jenis prosesor pada smartphone semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. [Rh]