Kalau dilihat dari namanya Magna…. yg berasal dari bahasa latin yang artinya Besar…. cukup bikin bingung juga ya..

karena Smartphone dengan  bentangan layar 5 Inch…. hari gini gak bisa dibilang besar ukurannya,Tapi mungkin yang dimaksud “Besar” oleh LG pada produk besutannya yg satu ini adalah….

Harapan LG untuk bisa membuat Impact atau Dampak yang besar dari kehadiran Smartphone ini pada pasar global, maupun tanah air.

Emang bisa ?

Hmmm…. menurut saya, produk ini punya potensi sii….

Disebelah mana potensinya ??

Yuk kita coba cari tau….. Perkenalkan….. LG…. Magna

[vc_text_separator title=”DESIGN” color=”sky”]

Tim Design LG menurut saya adalah salah satu yg cukup inofatif

Walau gak selalu mendesign HP yg punya  nilai estetika tertinggi di pasaran siii, tapi… orisinalitas dan keberanian tampil beda-nya patut diacungin dua jempol.

Design Floating Arc, Penempatan tombol2 dipunggung layar, dan metalic skin yg iconic, membuktikan bahwa walau tampil beda, namun ternyata, design nyeleneh-nya LG…. tetap bisa diterima oleh pasar dan bahkan ditiru oleh vendor lain seperti Asus dengan Zenfone 2-nya

Karena Kesuksesannya tersebut, kayaknya LG makin pede yaaa…… dengan kembali berani tampil beda pada beberapa produk keluaran terbarunya termasuk LG Magna ini

Yaitu…. layar yg sedikit cekung, atau istilah kerennya Softly Curved Display

Yup… udah di tes… dan ternyata memang beneran cekung Man, kayak LG G4

Pertanyaannya….. emang apa ngaruhnya si klo layarnya lengkung ??

Memang gak banyak si…. tapi setelah pake beberapa hari…. saya mulai merasakan lebih nyaman dan terbiasa … bernavigasi pada layar LG Magna ini dibanding layar datarnya Lenovo A6000. Terutama ketika scrolling… karena usapan ibu jari saya terasa…. lebih natural

Dan kalau semua produsen bisa membuat layar seperti ini tanpa ada tambahan biaya, menurut saya sebaiknya semua Smartphone punya layar agak melengkung kayak LG Magna ini…. seriusan mann…. tapi ya… itu…. syaratnya gak ada biaya tambahan

Karena enak bener feel nya…… walau Beda2 banget ama layar datar si nggak, tapi klo layar lengkung menurut saya lebih baik ??….. jawabannya…. iya

Dan ternyata Tempered Glass nya udah ada loh…. Merk Nilkin…. klo diperlukan

Selain ngomongin display melengkungnya, Back Cover plastik yg bermotif Brushed Metal-nya juga sukses terlihat kayak metal beneran, walau pas di pegang…. ya kerasa plastik….dan lumayan licin….. tapi untungnya selalu terlihat bersih karena noda sidik jari gak keliatan disana

Dan pas dipasangkan ke Soft Cover bonus-nya…. tetep keliatan keren man…. dan Grip-nya juga dapeett….. walau jadinya terasa lebih tebal sii.

LED Notifikasi Tersedia dibagian atas layar, Bezel sekeliling layar cukup tipis, hanya bagian bawah yg terlihat agak tebal, walau dimensinya masih mampu tampil lebih ringkas dari Lenovo A6000 dan Lenovo S580 yg sama2punya layar 5 Inch

Konstruksinya juga cukup solid, dan gak terdengan bunyi2 misterius walau sedang diremas2… yg menandakan build quality LG Magna ini mampu terjaga kualitasnya.

So buat sektor Design….. Layar lengkung yg unik, Metalic skin back cover yg terlihat berkelas, build quality yg solid…. cari apa lagi Man ???

[vc_text_separator title=”User Interface” color=”sky”]

UI LG ini bisa dibilang ….. salah satu UI favorit saya, apalagi setelah versi lollipop ini lebih dibersihkan dari fitur2 yg gak terlalu penting.

Alasannya karena Design flat ber nuansa tuned down color yg minimalis dan bersih, minim bloatware, ….. Fitur Kustomisasi dan gesture…. ada tapi terasa gak berlebihan,

Kustomisasinya kita bisa gonta ganti theme, Font, sampai design keyboard bawaan

Sedangkan fitur gesture favorit saya yaitu knock code yg sangat identik dengan Smartphone LG

Dan Gak lupa fitur Easy Mode untuk pengguna lansia, Fitur bisa dirubah2nya Tombol On Screen dibawah layar sesuai selera kita,

sampai dukungan software untuk pengguna quick circle case atau flip cover resmi LG, yg cukup lengkap fungsinya.

Semuanya dirasakan memudahkan dan fungsional

Walau …… Keyboard bawaan LG masih bukan jadi Keyboard favorit saya  karena minusnya fungsi mempelajari kebiasaan mengetik kita untuk menambah akurasi prediksi kata saat mengetik.

LG Magna UI

[vc_text_separator title=”Kamera” color=”sky”]

Kualitas hasil tangkapan kamera utama 8MP-nya….. Ok Laaaahh…. gak jelek…. tapi gak istimewa juga.

Kamera depannya…. punya beberapa fitur unik, seperti gesture dan voice shutter dengan mengepalkan tangan atau bilang cheese,

juga fitur layar yg diputihkan ceritanya untuk pengganti lampu flash yang ternyata…. hasilnya… yaaa… ada perbedaan sii…. tp gak begitu signifikan ya, akan lebih ok klo pake lampu flash beneran kayak di HP2 smartfren seri selfienya.

Untuk perekaman videonya, …..kamera belakang dan depan sama2 bisa merekam video hingga resolusi Full HD, ….dan hasilnya juga ok, dengan frame rate yg terjaga dan mampu tampil mulus.

Jadi di sektor kamera…… Secara hardware, modul kamera yang digunakan sebenarnya sudah tergolong modul kamera yang berkualitas, namun secara software, pengguna yang ingin simple tinggal arahin ke objek dan…. jepret…..akan terasa sangat dimudahkan dengan software kamera bawaan LG ini, namun buat sebagian pengguna lain yg hobi mengeksplorasi fitur2 kamera lebih jauh, terpaksa harus menginstall aplikasi kamera pihak ketiga yg lebih lengkap.

[vc_text_separator title=”Hardware”]

Layar 5 Inch Beresolusi HD 720 x 1280nya bukan hanya keren karena lengkungannya aja, …… tp juga kualitas rendering warna, saturasi, keterlihatan pada sudut pandang rendah hingga responsifitasnya terbilang memuaskan.

Kemungkinan berkat teknologi In-Cell Touch yg menyatukan sensor sentuh tanpa terpisah dari panel layar sudah dibenamkan pada Layar LG Magna ini.

Hanya saya tidak menemukan informasi tentang proteksi layar yg digunakan

Ditopang Processor karya Mediatek berinti empat dengan clock speed 1,3Ghz, berpadu dengan RAM 1Gb, walau umur processornya udah agak lawas, tapi kinerja hardwarenya terbilang masih “lumayan”

SOC atau Processor yg sama bisa kita temukan pada LG G3 Stylus, Xperia E4, Huawei Honor 3C, sampai Trio Android One dari Nexian, Mito dan Evercoss.

Game2 berat bisa dijalankan di LG Magna ini…. walau gak lupa…. Lag-nya juga ikut dibawa dengan kadar yg yaa…. belum  parah2 amet si, tapi klo maen Kritika dengan settingan grafik medium…. kadang lumayanmengganggu juga. Walau game-nya sendiri masih “playable”

Untungnya suhu bodynya terasa sangat dingin walau udah digeber main game HD dengan intensitas tinggi, …….dan juga, file2 game dan aplikasi bisa dipindahkan ke MicroSD bila dianggap perlu.

Walau di toko2 Online kayak Lazada, Tokopedia dkk banyak yg jual judulnya LG Magna 4G LTE bergaransi resmi yaa, saya belum tes beli disana ……dan sempet bikin bingung juga, tapi yg jelasketika saya email langsung ke LG Indonesia mereka menjawab bahwa LG Magna bergaransi Resmi di Indonesia tidak support 4G LTE atau masih 3G.

Pernyataan senada saya dapatkan dari sales LG Resmi di BEC Bandung, sampai sales MEGA Cell BEC Bandung tempat saya beli HP-nya.

Jd mohon masukannya di koment section bila ternyata benar2 ada versi LG Magna 4G LTE bergaransi resmi telah beredar di Indonesia.

Walau perlu diketahui juga, untuk pasar internasional, ada versi LG Magna Single Sim yg support 4G LTE, sedangkan versi Dual Sim untuk pasar Indonesia masih berjalan di 3G saja.

Dan hanya Sim 1 yg bisa jalan di jaringan 3G, Sim 2 maksimal hanya Edge

Radio FM dan Sensor magnetik untuk kompas udah ada disini, tapi sensor Gyroscope buat yg mau maen VR pake google cardboard….. belum bisa diakomodir oleh LG Magna,

Juga USB OTG yg sayangnya kembali gak support……

Oh ya…. yg mengharapkan LG Magna bisa dijadiin Remot TV kayak LG G3 Stylus, juga harus siap2 kecewa, karena Infra Red Blaster juga absen disini….. banyak juga yg absen yaaa…

Daya Tahan Batrenya terbilang ok, gak masalah buat pemakaian sehari full, asal kagak berlama2 gaming HD.

Jadi disektor Hardware….. Jelas LG Magna nggak dirancang untuk Gaming Kelas Berat, walau sebenernya bisa2 aja siii, …..hanya ….lag nya bakal lumayan mengganggu,

tp untuk pengguna sosmed, chatting, Browsing, sampe gaming kelas menengah si…. Hardware LG Magna ini sudah lebih dari cukup, plus kualitas layar yg memuaskan dan daya tahan batre yang terjamin akan menambah kenyamanan penggunanya.

hanya minusnya konektivitas 4G dan gak support USB OTG, sedikit banyak akan mengecewakan sebagian calon peminatnya.