Ternyata Bukan Kapasitas Baterai, Ini yang Menentukan Ketahanan Baterai pada Smartphone!

1
2122

Jika kita sebagai penggemar teknologi, tentunya kita memiliki standar yang sangat tinggi. Kita pasti ingin smartphone yang lebih cepat, lebih besar, lebih tipis, dan lebih baik lagi bukan ?

Nah, Sekarang kita sudah mendapatkan semua itu sob, kebanyakan smartphone yang ada pada saat ini rata-rata punya layar lebar,ruang penyimpanan yang besar, tipis, cepat, dan banyak fitur canggih. Tapi, semua itu justru menjadi suatu kekurangan bukan kelebihan dari sebuah smartphone tersebut.

Meskipun semua fitur yang dimiliki smartphone saat ini sangat mengesankan, sebenarnya ada hal yang lebih penting lagi dari pada itu yakni baterai.

Seberapa Pentingkah Tes Ketahanan Baterai Screen-on Time pada smartphone?

Ketahanan baterai smartphone saat ini, tidak mampu untuk membiarkan kamu menggunakan fitur-fitur canggih di smartphone secara maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah Screen-on Time, apa itu?

Kapasitas Baterai Bukanlah Segalanya

Untuk mengetahui ketahanan pada baterai, jawaban yang paling jelas adalah ukuran kapasitas baterai pada milliampere-hours (mAh). Itu merupakan satuan ukuran untuk jumlah daya selama periode waktu. Tapi, tidak sesedarhana itu.

Perlu sobat ketahui Smartphone dengan baterai besar belum tentu punya ketahanan baterai yang lebih baik, tapi juga tergantung pada hardware dan software yang digunakan oleh smartphone. Itulah kenapa Screen-on Time berpengaruh besar pada ketahanan baterai.

Apa Sih Screen-on Time itu?

Screen-on time adalah berapa lama baterai smartphone bisa bertahan dalam kondisi layar aktif dalam sekali charge (baterai penuh).

Hal yang mempengaruhi dari screen-on time sendiri adalah hardware, seperti ukuran layar, resolusi layar dan kecerahan layar. Selanjutnya ukuran kapasitas baterai, dan pola penggunaan kamu.

Seperti mendengarkan lagu di JOOX, streaming video di YouTube, main game Online, dan lainnya. Penggunaan aplikasi yang berat akan mempengaruhi screen-on time smartphone.

Meski pun begitu, hasil uji ketahanan screen-on time ini memberi tahu kita performa baterai yang sesungguhnya. Nah, rata-rata screen-on time smartphone saat ini adalah sekitar 5 sampai 6 jam. Itu sudah cukup mengesankan bukan, apalagi kalau pola penggunaan kamu sangat berat, sehingga bisa sangat mengkonsumsi baterai yang banyak.

Jadi, kalau sobat ingin smartphone dengan daya tahan yang awet, selain kapasitas baterai, sobat harus cek dulu hasil uji ketahanan screen-on time-nya. Bagaimana mana menurut sobat ?