Salah satu komponen penting dalam smartphone adalah layar. Beragam resolusi dan teknologi layar mulai banyak diimplementasikan oleh vendor. Dengan fakta bahwa jajaran smartphone saat ini dibekali dengan layar sentuh, maka perawatan pada layar membutuhkan perhatian khusus.

Meski layar smartphone kamu dibekali dengan pelindung seperti lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail, jika kamu tidak merawatnya dengan benar pasti performa layarnya akan menurun.

Pada kali ini kami akan memberikan sedikit Tips untuk sobat bagaimana caranya untuk merawat layar sentuh smartphone dengan benar, dan agar tetap kinclong seperti baru.

1. Bersihkan Layar Dengan Kain Lembut

membersihkan+layar+smartphone

 

Penggunaan layar sentuh di smartphone membuat jari dan layar smartphone harus bersentuhan langsung, sehingga kadang meninggalkan noda atu debu di layar. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain lembut seperti kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Penggunaan kain kasar dan tisu akan membuat layar kamu tergores.

2. Gunakan Cairan Alkohol Untuk Bersihkan Layar

Alat BErsih

Meski zat cair dinilai berbahaya bagi smartphone, namun cairan alkohol aaat membersihkan layar sangat membantu. Tuangkan cairan alkohol pada kain pembersih, bukan pada layar. Lalu mulai bersihkan dari pemukaan tengah layar smartphone kamu dahulu, baru kemudian ke tepi sebagaimana kamu membersihkan lensa kacamata.

3. Jangan Menekan Layar Terlalu Kencang

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-9

Jangan menekan permukaan layar terlalu kencang. Selain smartphone sekarang sudah dibekali layar sentuh kapasitif yang responsif, tindakan menekan layar smartphone terlalu kencang akan berbahaya bagi panel layar smartphone kamu. Sentuh sewajarnya saja.

4. Jangan Gunakan Kuku

kuku

 

Vendor merancang layar smartphone buatannya untuk merespon terhadap sentuhan jari, bukan kuku. Kuku yang memiliki ujung runcing berbahaya bagi layar, karena bisa menyebabkan goresan pada layar.

5. Jangan Simpan Sembarangan

tas

 

Jika kamu adalah pengguna mobile yang kemana-mana selalu membawa smartphone, pastikan untuk tidak sembarangan menyimpan smartphone kamu. Saat akan disimpan di tas atau saku, pastikan tempat menyimpannya tidak ada barang lain yang akan menyebabkan goresan pada layar, seperti koin atau kunci. Menyimpan di tas boleh saja, tapi usahakan untuk menyimpannya di tempat khusus agar tidak terbentur atau bersentuhan dengan benda tajam di tas kamu.

6. Gunakan Screen Protector atau Tempered Glass

layar

 

Smartphone yang dilapisi lapisan Gorilla Glass memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Maka dari itu, jika kamu suka menyimpan smartphone di saku atau tas, sebaiknya gunakan screen protector tambahan. Supaya layar smartphone kamu tidak tergores, sayang kan kalo layar smartphone kamu yang mahal ada bekas noda atau goresan kasar yang mengurangi keindahan dan performa layarnya?

7. Jangan Panik Saat Layar Smartphone Tergores

LAYARgores

 

Jangan panik saat layar smartphone kamu tergores karena tindakan cerobohmu. Untuk membuat layar smartphone yang tergores nampak seperti baru lagi, kamu bisa mengoleskan pasta gigi atau krim pembersih motor pada layar yang tergores. Lalu ratakan dan bersihkan dengan menggunakan kain microfiber.

8. Hindari Paparan Terik Matahari Langsung

images

 

Memang beberapa vendor telah membekali smartphone mereka dengan layar yang bisa nyaman untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung. Namun, tahukah kamu bahwa paparan sinar matahari terik yang berlangsung lama bisa mengakibatkan panel layar smartphone kamu mudah rusak? Panel layar smartphone kamu bisa menjadi lunak dan terkelupas, sehingga membuat respon sentuhan di layar menjadi berkurang. Karena itu, sebaiknya hindari berlama-lama menggunakan smartphone dibawah paparan terik sinar matahari langsung.

Nah, itu dia Beberapa tips penting untuk menjaga layar smartphone kamu agar tetap kinclong dan terawat dengan baik, sehingga selalu terlihat seperti baru. Semoga artikel ini bermanfaat. [R]