Tips Bagaimana Nge-charger Smartphone Anda dengan Benar

0
2413

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang “Penyebab Lamanya Pengisian Daya Pada Smartphone”,nah  kali ini sob, kami akan memberi sedikit tips bagaimana caranya Nge-charger Smartphone Anda dengan Benar. Baterai pada smartphone adalah sebuah elemen penting dari smartphone. Tanpa baterai yang kuat, smartphone tak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, sebagai pengguna  harus bisa tepat dalam merawat baterainya agar lebih awet dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips jitu dan sederhana bagi andapengguna  smartphone untuk memanjangkan umur baterainya.

1. Hindari baterai benar-benar kosong.

Kondisi yang berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Mengisi daya penuh dalam waktu lama tidaklah baik. Namun, membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tidak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

2. Kondisi baterai paling baik saat 40 persen.

Pada presentase tersebut kondisi baterai sangat seimbang. Tak terlalu penuh, tak juga kosong. Pada situasi ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya. Lebih baik smartphone digunakan hingga persentase baterai menurun pelan-pelan. Setelahnya, sebelum menuju kosong, barulah isi daya.

3. Jangan tempatkan baterai di suhu panas.

Baterai akan kehilangan 80 persen ketahanannya jika pengguna menempatkannya pada temperatur 60 derajat selama setahun. Pada suhu normal (25 derajat), ketahanan baterai tiap tahunnya juga bakal berkurang secara alamiah sebanyak 20 persen.

4. Jangan pula tempatkan baterai di suhu dingin.

Jika ingin menyimpan baterai, pastikan tidak diletakkan pada tempat dengan suhu dingin, seperti kulkas. Dampak negatifnya akan sama dengan kemungkinan jika baterai disematkan pada tempat bersuhu panas.

5. Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama.

Jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tak cepat-cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Maka, saat kapasitas baterai menunjukkan 40 persen, pengguna sudah harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

Sekian beberapa tips sederhana bagaimana caranya “Nge-charger Smartphone Anda dengan Benar” semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sebagai pengguna smartphone. 🙂

[Rh]