Oppo F1s merupakan salah satu smartphone teranyar keluaran dari Oppo. Tepatnya pada bulan , Oppo mengumumkan smartphone ini secara resmi.

Mengusung konsep stylish dan modern, serta dengan tagline “Selfie Expert”-nya Oppo F1s sangat cocok digunakan oleh kaum muda, tepatnya bagi mereka yang sangat menyukai selfie. Meneruskan perjuangan dari kakaknya, yakni Oppo F1 dan Oppo F1 Plus yang telah lebih dulu sukses di pasaran.

Performa dan fitur yang dibawa oleh Oppo F1s lebih baik dibanding Oppo F1, tetapi masih berada di bawah Oppo F1 Plus. Oppo F1s memiliki ukuran layar yang sama dengan Oppo F1 Plus yakni sebesar 5.5 inch dengan resolusi 720p, menggunakan prosesor octa-core MediaTek MT6750 dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, serta kapasitas baterai yang lebih besar dari kedua pendahulunya yakni 3.750 mAh.

Selain memiliki performa dan fitur yang mumpuni serta dilengkapi kamera selfie sebesar 16 MP, kamu juga bisa mengoptimalkan smartphone kamu ini dengan menggunakan beberapa fitur tersembunyi yang ada di dalamnya.

Penasaran? Hehehe.. Yuk lanjut lagi bacanya..

Menangkap Screenshot dengan Gesture Tiga Jari

Jika pada smartphone-smartphone keluaran Oppo sebelumnya kamu bisa screenshot dengan menekan tombol power+volume down, pada Oppo F1s kamu bisa screenshot hanya dengan swipe 3 jari dari atas ke bawah pada layar smartphone.

Untuk mengaktifkan fitur ini, yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Gesture & Motion
  3. Pilih Quick Gesture
  4. Klik Enable it

Akses Cepat dengan Screen-off Gesture

Fitur yang kedua ini gunanya adalah untuk melakukan perintah ketika layar smartphone sedang mati. Mati disini dalam artian bukan dalam keadaan kehabisan baterai ya guys, hehehe..

Jadi, intinya dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi repot-repot membangunkan layar smartphone untuk membuka aplikasi tertentu. Cukup dengan gesture tertentu kamu sudah bisa mendapatkan akses cepat kesana.

Misalnya jika kamu ingin membangunkan layar, kamu tidak perlu lagi pencet tombol power, melainkan dengan mengetuk touch screensebanyak dua kali. Gambar huruf “V” untuk akses senter, gambar huruf “O” untuk akses kamera, dan juga kamu bisa menambahkan gesturesendiri di pengaturan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melakukannya dengan cara:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Gesture & Motion
  3. Pilih Screen-off
  4. Aktifkan fitur yang ingin digunakan

O-Cloud untuk Backup Kontak dan Pesan

Beberapa smartphone saat ini memang sudah dilengkapi dengan layanan penyimpanan Cloudnya masing-masing. Jika Apple punya iCloud, Xiaomi punya MiCloud, maka Oppo juga tak ketinggalan dengan layanan Cloudnya yang diberi nama O-Cloud.

Fungsi layanan cloud pada masing-masing perangkat tersebut adalah untuk melakukan backup terhadap data-data yang ada di smartphone. Tujuan dari backup adalah untuk menyimpan data cadangan kita, agar ketika diharuskan mereset smartphone kita tidak akan kehilangan data.

Untuk mengaktifkan fitur ini, yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih O-Cloud

Tapi, sebelum kamu menggunakan fitur ini, kamu harus membuat akun Oppo terlebih dahulu.

Double Exposure pada Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera Oppo F1s dilengkapi dengan fitur Double Exposure, sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk memotret dua gambar dan menggabungkannya menjadi satu.

Ketika kita sudah memotret satu gambar, aplikasi kamera akan memerintahkan kita untuk mengambil gambar selanjutnya dan menyatukan keduanya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melakukannya dengan cara:

  1. Buka aplikasi Kamera
  2. Pilih opsi Double Exposure

Blokir Nomor Tidak Dikenal dengan Mudah

Pernah nggak ngerasa kesel dengan sebuah panggilan dari nomor yang tidak kita kenal? Seperti pengumuman bahwa kita telah memenangkan undian tertentu, mendapatkan hadiah dan diminta mentransfer sejumlah uang, diterror oleh seseorang yang tak dikenal, atau mantan yang selalu ngajak balikan dengan nelponin kita terus.. wkwkwk

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa loh ternyata memblokir panggilan masuk dari nomor tertentu agar tidak mengganggu kita lagi. Caranya adalah:

  1. Buka menuSettings
  2. Pilih Call
  3. Pilih Block Unknown Numbers
  4. Klik Enable


Jika sudah kamu aktifkan,  saya pastikan kamu tidak akan lagi mendapatkan gangguan panggilan masuk dari nomor yang tak dikenal.

Mode Hemat Daya yang Praktis

Bagi kamu yang sering kali kehabisan baterai, tips berikut ini sangat berguna bagi kamu. Pada Oppo F1s, ada sebuah fitur yang bernama Simple Mode. Fitur ini sangat membantu dalam menghemat daya tahan baterai smartphone kamu.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka tampilan smartphone kamu akan berubah menjadi sangat sederhana. Dengan tampilan yang sederhana tersebut, smartphone kamu akan berusaha meminimalisir penggunaan daya berlebih.

Untuk mengaktifkannya:

  1. Buka menu Settings
  2. Klik Enable pada Simple Mode

Setelah mengaktifkan fitu ini, kamu hanya bisa mengakses Photos, Favorites (App), Emergency Call, Contacts, Phone, dan Messages. Untuk keluar dari mode ini kamu bisa swipe layar dari kiri home screen.

Quiet Time

Jika kamu sedang berada di ruangan meeting atau sedang mengikuti perkuliahan dan tidak ingin diganggu, kamu bisa menggunakan fitur “Quiet Time” ini. Pada dasarnya Quiet Time tidak jauh berbeda dengan fitur Do Not Disturb pada Android v5.0 ke atas.

Namun, Oppo telah menyempurnakan fitur tersebut dengan menambahkan opsi Enable Manually dan Enable Automatically. Cara mengaktifkannya:

  1. Buka menu Settings
  2. Pilih Quiet Time
  3. Aktifkan opsi yang kamu inginkan

Kamu bisa mengatur SMS, Panggilan Masuk, dan Notifikasi pada fitur Quiet Time tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dan trik yang wajib kamu gunakan sebagai pengguna baru Oppo F1s. Punya tips dan trik tambahan lainnya? Yuk share di kolom komentar. Semoga bermanfaat.