Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot

0
2144

Smartphone dengan System berbasis Android saat ini hampir dipakai oleh semua kalangan. Alasannya karena perangkat ini tersedia dari harga yang menengah hingga premium. Namun, seringkali pemakaiannya untuk kegiatan sehari-hari membuat kinerjanya menurun bahkan melambat. Bila sudah mengalami lemot atau lama saat mengoperasikannya, pasti akan menimbulkan rasa jengkel bahkan penat bila membutuhkan kinerja smartphone di saat-saat tertentu. Maka dari itu,pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips dan cara untuk mengatasi lemotnya smartphone Android Anda.

1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Mungkin bagi sebagian orang cache pada memori internal itu terdengar kurang familiar. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Keberadaan cache di hp kita ini akan terus bertambah, dan tentu saja cache tersebut akan mengambil banyak memori dan kemudian akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasi itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan menginstal dan menerapkan aplikasi yang bisa membersihkan cache pada perangkat Android Anda, seperti Clean Master dan CCleaner.

cache2. Periksa memori yang tersedia

Alasan utama kinerja smartphone Android melambat adalah banyaknya aplikasi yang di-download pengguna sehingga membuat ruang penyimpanan sedikit tersisa. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah 20 persen. Jadi bila smartphone Anda memiliki kapasitas penyimpanan 8GB, maka harus tersedia sekitar 1GB memori yang tidak terpakai.

3. Menggunakan aplikasi launcher

Biasanya tujuan utama pemasangan Aplikasi Launcher adalah untuk mempercantik dan kustomisasi perangkat sesuai dengan kemauan pengguna. Sayangnya dengan Aplikasi launcher ini malah menyebabkan menurunnya kinerja Android pada smartphone anda. Ini disebabkan karena tidak sesuainya Animation Setting yang terdapat pada launcher yang digunakan sehingga memakan banyak daya dan kapasitas memori dari smartphone.

Kami menyarankan anda untuk tetap menggunakan tampilan dan Setting dasar dari bawaan smartphone yang digunakan. Selain tidak akan membuat boros baterai, kinerja smartphone juga akan tetap normal meskipun telah lama digunakan.

Launcher4. Smartphone yang jarang di-restart

Cara ini paling mudah digunakan dan diaplikasikan pada smartphone anda. Dengan me-restart, kinerja smartphone bisa kembali normal. Atau Anda dapat melakukan restart setelah mempraktikan beberapa hal yang telah kami jelaskan sebelumnya.

5. Kapasitas RAM termakan aplikasi

Setiap meng-instal aplikasi pada smartphone anda, coba periksa Settingan terlebih dahulu, untuk mengetahui kapasitas memori, baik ke memori internal atau malah mengurangi kapasitas RAM yang tersedia. Perlu diingat bahwa kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi RAM maka smartphone akan semakin aman dari sebutan ‘lemot’.

Terlebih bagi Anda yang hobi bermain game melalui smartphone, lebih baik pilih smartphone dengan kapasitas RAM di atas 1 GB. Anda juga dapat menambah memori eksternal dan memindahkan aplikasi pada memori internal ke memori eksternal agar kinerja smartphone terjaga.

ramNah, mungkin itu lah sedikit tips dari kami untuk Mengatasi Smartphone Android anda yang Lemot . Semoga artikel ini bermanfaat.(R)