Cara Bersihkan Smartphone dari Bakteri dan Kuman

155

Obat Gaptek.net– Wabah virus corona novel (Covid-19) saat ini tak hanya menjangkiti Kota Wuhan, provinsi Hubei, China tetapi telah meluas kepuluhan negara di dunia termasuk indonesia.


WHO menyarankan langkah perlindungan dasar terhadap virus corona. Langkah pertama yang disarankan bukan menggunakan masker, tetapi mencuci tangan sesering mungkin.


Selain mencuci tangan, membersihkan smarthphone secara teratur juga penting, lho.
Di tengah merebaknya virus corona, salah satu metode yang ditekankan ialah pencegahan dan kewaspadaan. Karena smartphone adalah salah satu benda yang paling sering disentuh orang, tak ada salahnya membersihkannya secara rutin dan berkala untuk berjaga-jaga.


Apalagi teruntuk kamu yang tidak bisa work from home (WFH).

Baca Juga : Cara Merawat Layar Smartphone Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama


Hal ini pun berdasarkan data yang diteliti oleh jurnalis kesehatan dari Seattle Times yang dilansir dari sehatq, terdapat 25.127 bakteri yang menempel pada smartphone.


Ini bahkan lebih kotor daripada bakteri pada dudukan toilet yang jumlahnya hanya 1.201 bakteri.


Nah, dari penelitian ini virus corona dan lainnya bisa saja menempel di mana pun.Termasuk smartphone kita.


Untuk itu, kami sudah menyiapkan beberapa tips cara membersihkan smartphone yang mudah sehingga bisa dilakukan di rumah agar terbebas dari virus corona.


Berikut caranya.

1. Pakai Alkohol dan Air untuk Bersihkan Ponsel

Pemilik ponsel bisa mencampurkan air dan alkohol isopropil ke dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel.

Tisu basah sebetulnya bisa juga digunakan, tetapi tisu basah harus mengandung alkohol agar ampuh bersihkan ponsel. Sebab, rata-rata tisu basah untuk bayi tidak memiliki kandungan alkohol.

2. Gunakan Pelindung Antimikroba

Anda disarankan menggunakan casing pelindung antimikroba untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri. Dengan menggunakan pelindung ini, pengguna bisa mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di ponsel Anda. Penutup ponsel anti bakteri ini difungsikan untuk melapisi anti gores pada ponsel yang digunakan untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

3. Gunakan Cotton Bud

Cottong bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sulit terjangkau di ponsel untuk membersihkan debu hingga bakteri. Jangan lupa juga menyelupkan cotton bud dengan cairan alkohol.

4. Pakai Cuka Putih

Cuka putih di dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri di ponsel. Caranya, campurkan cuka putih dan air steril dengan komposisi 50:50.

Lalu, basahi kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan ponsel dari bakteri.

5. Kurangi Pengunaan Ponsel di Toilet

Terakhir, kurangi penggunaan ponsel di toilet. Meski Anda telah mencuci tangan, bakteri akan tetap menemukan cara agar bisa bersarang di ponsel.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu, ya.