Ciri-ciri jika Smartphone Android Terkena Virus dan Malware

42

Sistem operasi Android saat ini memang sangat di sukai oleh para pengguna smartphone, alasannya karena sistem operasi ini bersifat open-source sehingga banyak aplikasi gratis yang bisa didapatkan dengan mudah. Namun dalam memilih aplikasi sebaiknya anda harus berhati-hati, hal ini karena aplikasi yang tersedia biasanya mengundang Virus atau malware yang dapat merusak sistem pada smartphone kita.

Jenis virus atau malware yang berkembang pada perangkat Android juga sangat bermacam-macam, mulai dari malware yang dapat memakan pulsa, menyembunyikan data, sampai yang membuat kinerja smartphone menjadi menurun. Tapi tahukah anda bahwa ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali jika smartphone Android anda terserang virus?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai ciri-ciri smartphone / HP Android yang terkena virus atau malware. Penasaran? Yuk Langsung saja simak baik-baik ulasannya berikut ini sob.

Berikut adalah ciri-ciri atau gejala yang biasanya terjadi jika perangkat Android Anda terkena serangan virus:

 

1. Panggilan Telepon Sering Terputus/Dropped Call

Malware memang dapat mempengaruhi panggilan masuk pada Android yang terkena virus
, malware jenis ini cukup mengganggu terutama pada saat terjadinya percakapan ketika pengguna melakukan telepon. Misalnya, pada saat terjadi kontak percakapan telepon tiba-tiba telepon mati atau terdengar suara- suara aneh. Malware jenis ini bisa menguping jenis pembicaraan yang dilakukan melalui Android, namun malware tidak lantas bisa dijadikan satu-satunya tersangka jika terjadi gangguan semacam ini. Karena bisa saja karena terjadi gangguan yang berasal dari operator.

2. Boros Pulsa dan Tagihan Telpon 

Boros pulsa  dan tagihan telpon merupakan salah satu dari efek Android terkena virus, sebab malware pencuri pulsa menggunakan berbagai macam teknik pencurian pulsa misalnya dengan mengirim SMS ke nomor tertentu dengan tarif premium. Namun tidak semua malware agresif ada yang hanya mengirim SMS sebulan sekali ada yang seminggu sekali, jenis malware ini adalah yang paling merugikan karena langsung otomatis menghapus diri sendiri tidak meninggalkan jejak setelah selesai menguras tagihan/pulsa pada pengguna dengan cepat. Jadi bagi pengguna Android sebaiknya mengecek tagihan telepon agar bisa mengetahui jika ada pemakaian yang mencurigakan, karena bisa jadi hal itu karena serangan malware.

ciri-ciri-smartphone-android-terkena-virus

3. Kouta Paket Data cepat Habis

Mirip dengan keanehan atas tagihan telepon, jika terjadi kenaikan konsumsi data secara drastis sehingga kuota paket data kita cepat habis, bisa jadi akibat Android kena virus. Malware jenis ini menyerang penggunaan paket data. Hal ini bisa dilihat dari terjadinya perubahan pola upload dan download, jika pada ponsel Android Anda terjadi kegiatan upload dan download yang mencurigakan pertanda ada seseorang atau sesuatu yang sedang memanfaatkan koneksi internet perangkat Anda.

4.Baterai Menjadi Boros

Banyak orang yang menganggap bahwa boros baterai pada smartphone hanya bisa disebabkan karena penurunan performa baterai itu sendiri. Padahal malware juga bisa menyebabkan smartphone Android boros baterai. Seiring banyaknya program yang dijalankan di background, maka secara otomatis konsumsi baterai juga akan meningkat.

 

5. Performa Hp Menjadi Menurun

Malware jenis ini bisa membuat kinerja hp menurun secara drastis, salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan menginstall aplikasi CPU monitor yang ada pada Google Play. Di sana akan diketahui apa memang karena aplikasi yang banyak memakan RAM atau karena beban CPU atau karena Android kena virus

Tindakan Untuk Mencegah Malware

Ada beberapa tindakan yang perlu diambil jika Android Anda terkena Virus dan malware:

  • Pertama Anda harus menghapus aplikasi-aplikasi apa saja yang terkait dengan malware
  • Kedua Anda harus lebih meningkatkan lagi keamanan Smartphone android, di Google Play Store ada banyak aplikasi keamanan gratis yang bisa diunduh.

Baca juga : 360 Security lite, Aplikas Optimasi dan Keamanan Gratis di Google Play

  • Ketiga Anda harus benar-benar memperhatikan jenis permission yang diminta oleh tiap aplikasi Android.

Demikian sedikit informasi mengenai ciri-ciri smartphone / HP Android yang terkena virus atau malware. Semoga Artikel ini bermanfaat utuk anda. [Rh]