Jenis-jenis Aplikasi Android yang Wajib Dihapus dari HP Android Kamu

26

Di HP Android  kamu, pasti terdapat banyak aplikasi yang saat ini sudah terinstal,baik yang sudah kamu download maupun dari bawaan. Namun, terlalu banyak aplikasi tentu akan membuat Hp android kamu menjadi terasa agak lambat. Ada pula aplikasi yang memenuhi memori internal kamu dengan cache yang sangat banyak atau menyedot kuota data kamu dengan cepat sehingga pembelian pulsa menjadi boros. Nah, kali ini obat gaptek mau kasih tahu kamu beberapa Jenis aplikasi Android yang wajib dihapus dari HP Android kamu. Mau tahu aplikasi apa saja yang wajib dihapus? Berikut ulasannya sob:

android

1. Facebook

Facebook for Android
 Kamu pasti tahu bahwa Facebook saat ini merupakan media sosial terbesar dan terpopuler di dunia. Perkembangan teknologi smartphone membuat Facebook tak ketinggalan membuat aplikasi agar semakin mudah diakses oleh semua orang di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini pun sangat populer di Google Play Store. Bahkan telah di-download oleh lebih dari 30 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Namun, ternyata aplikasi Facebook cukup berat. Ukuran file aplikasi ini lumayan besar, yaitu lebih dari 40 MB. Selain itu, banyaknya fitur, terutama notifikasi yang selalu muncul, serta konten berupa foto serta video juga menghasilkan banyak sekali cache yang memenuhi memori internal kamu.

2. Facebook Messenger

Facebook Messenger for Android

Aplikasi Messenger dari Facebook ini merupakan salah satu varian aplikasi chat yang ada di Android. Dengan aplikasi ini, kamu akan terus terhubung dengan teman-teman kamu yang ada di Facebook. Fitur-fiturnya juga menarik dan mudah digunakan, sama seperti aplikasi chat lainnya.

Namun, Facebook Messenger ini cukup menguras baterai, memori, RAM, dan kuota data internet kamu. Sebab, aplikasi Facebook Messenger ini selalu online.

3. Path

Path for Android

Sama seperti Facebook, Path juga merupakan media sosial yang cukup populer saat ini. Path menawarkan kenyamanan dan privasi yang lebih baik. Karena Path awalnya dibuat sebagai media sosial untuk keluarga dan teman-teman dekat. Makanya jumlah teman di Path dibatasi. Namun, dengan banyaknya foto dan video yang dipajang oleh teman-teman kamu di Path, aplikasi ini menghasilkan banyak sekali cache yang jumlahnya bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan MB. Buat kamu yang kemampuan dan spesifikasi HP Android-nya terbatas, jangan heran kalau aplikasi Path ini sering bikin hang.

Namun sayangnya akun Path kamu tidak bisa diakses lewat browser, baik di HP Android kamu, maupun di komputer atau laptop. Jadi kalau kamu memang membutuhkan aplikasi Path untuk kehidupan sosial kamu, silahkan tetap dipasang. di sarankan untuk selalu membersihkan cache aplikasi Path ini. Baik secara manual di pengaturan Apps, maupun menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master.

 

4. Antivirus

Sistem operasi pada HP Android sangat aman dan tidak gampang terkena virus. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu menginstal aplikasi antivirus di HP Android kamu.

Malware atau virus justru seringkali masuk lewat koneksi HP Android ke komputer atau laptop yang terinfeksi. Atau bisa juga dari pemasangan aplikasi yang tidak aman dan tidak jelas sumbernya. Sebagai solusinya, pasanglah aplikasi-aplikasi Android yang ada di Google Play Store, karena sudah dijamin aman.

5. Browser Bawaan

Setiap HP Android biasanya memiliki browser bawaan yang sudah terpasang. Browser ini biasanya dikembangkan oleh produsen HP, atau ada pula yang menyertakan Google Chrome sebagai browser bawaannya. Namun, aplikasi browser bawaan dan Google Chrome cukup berat dijalankan. Kuota data internet kamu juga cukup tersita karena browser-browser ini menampilkan website yang kamu buka secara apa adanya.

Sebagai alternatif, kamu bisa gunakan browser ringan seperti UC Browser Mini atau Baidu Browser. Browser ini mampu memperkecil penggunaan data kamu dengan fitur kompresinya yang sangat canggih. Bahkan sampai 90%. Hemat banget, kan?

6. Berbagai Aplikasi Bawaan

Selain browser, banyak sekali aplikasi bawaan HP Android yang jarang digunakan, atau bahkan tak terpakai sama sekali. Aplikasi bawaan ini disebut juga “bloatware”. Daripada memenuhi memori internal, lebih baik dibuang saja. Namun, untuk membuang aplikasi-aplikasi bawaan ini dibutuhkan akses root.

Nah, itulah berbagai jenis aplikasi yang wajib dihapus dari HP Android kamu. Setelah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut, dijamin HP Android kamu akan lebih ringan dan cepat, serta lebih hemat baterai dan kuota data.