Kamu Wajib Tahu, Fitur Ini Hanya Ada di Android Oreo

6
  1. Pembatasan Latar Belakang- Bikin Daya Tahan Smartphone Jauh Lebih Awet

Ketahanan daya pada baterai smartphone merupakan fokus utama yang dicoba diperbaiki oleh Google di Android Oreo. Fitur Pembatasan Latar belakang ini berfungsi membatasi aktivitas aplikasi yang ada di berjalan di background.

Sehingga Android Oreo akan meminimalkan aktivitas di latar belakang pada aplikasi yang tidak berguna. Hal ini dilakukan agar bermacam aktivitas di latar belakang itu tak menyedot daya baterai yang berlebihan.

Bagi pengguna, artinya daya tahan baterai smartphone yang menjalankan Android 8.0 Oreo bakal lebih awet lagi. Kamu juga akan dengan mudah menemukan aplikasi yang paling banyak menyedot baterai.

  1. Autofill – Bisa Masuk ke Semua Akun Media Sosial Tanpa Perlu Mengetikkan Password

Fitur kedua pada Android Oreo adalah  Autofill (Pengisian password otomatis), fitur  ini menawarkan kenyamanan dan keamanan saat log-in. Memudahkan kamu masuk ke berbagai akun di internet, akun media sosial kamu, atau berbagai aplikasi tanpa perlu repot-repot mengetik username dan password. Sangat praktis bukan ?

  1. Picture in Picture – Bisa Nonton Video Sambil Kerja

Fitur ketiga Android 8.0 Oreo ialah Picture-in-picture . Jadi kamu bakal bebas nonton video sambil menjalankan aplikasi lainnya, tentunya menjadikan kamu lebih produktif, bisa nonton video dan tetap sambil kerja.

  1. Notification Dots – Jadi Lebih Mudah Untuk Mengakses Hal-hal Penting

Fitur keempat pada Android Oreo adalah Notification Dots. Jadi ketika ada notifikasi yang belum dibaca, akan muncul titik kecil di atas ikon aplikasi.

Kamu nggak bakal kelewat hal-hal penting lagi. Karena sudah ada fitur ini pada Andoid Oreo. Kamu juga dapat melakukan quick preview berbentuk seperti speech bubbles dengan men-tap dan menahan titik tersebut.

  1. Android Instant Apps – Install Aplikasi Tanpa Harus Mendownload

Fitur ini bisa membuat pengguna smartphone Android Oreo bakal dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari browser, tanpa perlu men-downloadnya terlebih dahulu di PlayStore.

  1. Google Play Protect – Download Aplikasi di Playstore Makin Aman

Pada Android Oreo ,Google juga lebih meningkatkan lagi keamanan di Playstore. Google bakal mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi yang dianggap berbahaya secara otomatis.

  1. Emoji yang Lebih Baru – Bikin Chatting Kamu Menjadi Lebih Seru

Bagi kamu yang suka sekali chatting-an di media sosial, pasti sangat menarik, karena di Android Oreo ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.

  1. Smart Text Selection – Copy Paste Text Jadi Lebih Mudah

Fitur selanjutnya pada Android Oreo ini memudahkan kamu melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, ketika kita melihat tulisan sebuah alamat, kamu tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata.

Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada tulisan alamat atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.

  1. Snooze Notification- Tunda Sementara Pemberitahuan pada Aplikasi

Pada Android Oreo ini, nggak cuma alarm saja yang bisa kamu tunda. Kamu juga dapat melakukan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

Jadi, kamu nggak bakal lagi melewatkan pemberitahuan penting meskipun kamu lagi sibuk. Saat timer habis, kamu akan mendapatkan peringatan lagi.

Nah, mungkin itu saja beberapa fitur terbaru di Android Oreo yang bisa kamu ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.  (R)