Tips Membuat Efek Bokeh Pada Foto dengan Smartphone

155

Smartphone-smartphone terbaru di kelas highend saat ini, rata-rata sudah menyematkan  teknologi kamera yang semakin canggih, smartphone terbaru di kelas highend juga saling berlomba dalam menawarkan fitur efek baru dalam teknologi kamera yang disematkan di dalam kamera mahal mereka.

Misalnya seperti Samsung Galaxy S9, iPhone X, LG V30, ataupun Google Pixel 2 yang menawarkan fitur Portrait Mode yang memberikan efek blur atau bokeh dalam foto yang dihasilkannya.

Bokeh merupakan salah satu kata yang cukup banyak diperbincangkan di dunia fotografi, terutama bagi penyuka fotografi yang masih baru. Kata Bokeh berasal dari Bahasa Jepang yang berarti kabur atau blur atau haze dalam Bahasa Inggris.

Karena hal ini terkait dengan fotografi, Bokeh merujuk kepada kualitas estetika dari area out-of-focus dari sebuah foto. Efek foto Bokeh dapat membuat foto lebih lembut.

Sehingga ketika digunakan untuk memotret orang, wajah orang tersebut akan lebih menonjol sebagai objek foto karena latar belakangnya terlihat blur.

Untuk menghadirkan efek Bokeh dalam foto, kamu mungkin harus memiliki aperture atau bukaan lensa yang besar dan jarak fokus yang pendek dengan subjek foto.

Kamu perlu menggunakan lensa yang cepat dan lensa tersebut harus memiliki bukaan yang lebar.

Terlebih lagi, untuk meningkatkan tingkat visibilitas efek Bokeh dalam foto, perlu dipastikan adanya jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang foto.

Biasanya efek Bokeh dapat diaplikasikan baik secara software mau pun secara hardware. Saat ini, banyak terdapat software atau aplikasi untuk edit foto yang dapat menjadikan efek Bokeh pada foto, bahkan tanpa diperlukan kemampuan fotografi yang tinggi.

Selain itu, kamu juga dapat mengandalkan kamera yang memiliki hardware yang dapat mendukung pengambilan foto dengan efek Bokeh, seperti tambahan lensa untuk menghasilkan depth of field, dan lainnya.

Namun saat ini sudah ada perangkat smartphone dengan kamera mumpuni yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan efek Bokeh, hanya dengan sentuhan jari.

Fitur kamera dengan efek bokeh ini juga mulai muncul di smartphone-smartphone kelas menengah baru yang mengusung kamera ganda seperti Huawei Nova 2i, ASUS Zenfone 4 Selfie, Vivo V7+, Xioami Mia1.

Seperti contohnya Huawei Nova 2i dengan dual kamera belakang yang menggabungkan kamera 16MP dan 2 MP. Kamera 16MP ini bertanggung jawab untuk proses image rendering, dan kamera 2MP untuk menangkap informasi depth of field, untuk menciptakan efek foto Bokeh profesional.

Dual camera Huawei Nova 2i ini juga mendukung bukaan lensa yang lebar untuk dapat menyesuaikan tingkat efek Bokeh secara manual. Sangat menarik bukan?

Baca Juga : 4 Aplikasi Edit Foto ini Bisa Menyulap Gambarmu Menjadi Lebih Menarik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan efek foto Bokeh yang sempurna menggunakan smartphone:

  1. Pastikan Anda mendapatkan pencahayaan yang sempurna.

    Pencahayaan
    Pastikan pencahayaannya bagus untuk menghasilkan efek bokeh

Untuk memastikan kamu dapat mengambil foto dengan efek Bokeh yang baik, pencahayaan merupakan perkara penting, dan pastikan subjek foto memiliki pencahayaan yang cukup dan merata.

Di sisi lain, mengambil foto dengan efek Bokeh menggunakan kamera depan dari smartphone dapat menjadi tantangan.

Jika hape kamu memiliki fitur smart selfie lighting maka kamu dapat melakukan foto selfie dengan efek bokeh.

Hal ini memungkinkan subjek foto selfie terpapar pencahayaan yang lebih merata dan natural, untuk efek foto Bokeh yang lebih baik.

2. Pastikan fokus pada subjek foto jelas.

Pastikan titik fokusnya pada obyek yang ingin difotoUntuk memastikan hasil foto dengan efek Bokeh yang maksimal, kamu harus menetapkan dan memfokuskan subjek foto dengan jelas.

Hal ini akan membantumu untuk membuat subjek foto terisolasi dari latar belakang.

Beberapa hape canggih yang memiliki fitur potrait mode dapat membantumuuntuk menciptakan foto yang terlihat lebih natural dengan pinggiran subjek foto dan area out-of-focus yang lebih tajam dan jelas, untuk menciptakan foto potret yang lebih menarik.

3. Semakin cepat bukaan lensa, semakin baik efek foto Bokeh yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan efek foto Bokeh yang baik, kamu memerlukan perangkat dengan bukaan lensa yang cepat dan lebar, minimal lensa dengan bukaan f/2.8, atau bahkan yang lebih baik lagi dengan bukaan f/2, f/1.8 atau f/1.4 untuk hasil yang lebih ideal.

Saat ini, perangkat smartphone sudah dilengkapi dengan perangkat keras, seperti lensa kamera, yang dapat mendukung pengambil efek foto Bokeh yang baik.

4. Pastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang.

Pastikan jarak antara kamera dan obyek cukup

Kamu perlu memastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang ketika mengambil foto dengan efek Bokeh.

Ketika menggunakan kamera depan dari smartphone, hal ini bisa menjadi salah satu tantangan untuk menghasilkan foto dengan efek Bokeh yang baik.

Untuk mereka para pencinta selfie, mereka dapat mengambil foto selfie dengan efek Bokeh yang maksimal dengan adanya fitur soft light flash yang dihadirkan.

5. Maksimalkan aplikasi untuk mengedit foto.

Untuk menciptakan foto dengan efek yang tidak terlalu berlebihan, kamu dapat finalisasi hasil foto dengan berbagai aplikasi photo editor.

Namun, banyak pengguna smartphone yang perlu upaya ekstra dalam menyesuaikan hasil foto ketika foto telah diambil.

Meski demikian, ada beberapa hape smartphone yang sudah menyediakan fitur ini lewat software kameranya.

Meskipun foto telah diambil, pengguna tetap dapat menyesuaikan kembali fokus foto, pencahayaan dan aperture bahkan setelah foto telah diambil – langsung dapat diedit dari galeri foto di hape smartphone tersebut.

Nah, mungkin hanya ini sedikit tips dari kami, untuk mendapatkan efek bokeh pada foto menggunakan smartphone. Jadi, selamat berkreasi dengan foto Bokehmu ya. (R)