Tips Terbebas dari Kecanduan Bermain Game

12

Bermain game memang sangat menyenangkan. Saking menyenangkannya, bisa bikin kita lupa diri dan lalai mengatur waktu atau tidak bisa membatasi diri dalam bermain game. Saat ini game cenderung mengarahkan para pengemarnya ke hal-hal yang negatif, bermain game juga bisa membuat orang-orang kecanduan game.

Bermain game yang berlebihan juga nyatanya akan mendatangkan malapetaka dalam kehidupan kita. Kesehatan jasmani dan rohani bakal jadi taruhannya.

Di Tiongkok para pencandu internet direhabilitasi dengan cara dimasukkan ke dalam kamp mirip seperti di pelatihan militer untuk menyembuhkannya. Lebih dari 70 persen dari 110 peserta yang ikut adalah pecandu khususnya game.

Baca Juga : Game HD Android Terbaru dan Terbaik 2018

Nah, bagi Anda yang ingin lepas dari kecanduan game, berikut adalah tips dari kami.

Atur jadwal bermain game anda

Atur jadwal

Bermain game memang bukanlah hal yang melanggar hukum. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi diri sendiri maupun orang terdekat. Dalam hal ini, Anda tidak dapat lepas dari game begitu saja, prosesnya tidak semudah itu.

Tips pertama yang harus Anda bisa lalui adalah dengan mengatur waktu bermain game anda. Jadwalkan waktu bermain Anda, misalnya Sabtu pagi atau Minggu minggu sore. Jangan sekali-kali bermain game di hari lain selain yang sudah Anda tetapkan tadi, walaupun hanya sebentar. Jika Anda mampu melakukan tips pertama ini, mari lanjut ke tips yang kedua.

Gunakan timer  untuk mengatur waktu

Timer

Ketika Anda mampu menjadwal waktu bermain game, kini Anda harus mampu mengatur berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk bermain game. Dilansi dari beberapa sumber, waktu bermain game yang sehat adalah tidak lebih dari dua jam.

Seperti halnya rental PS ataupun warnet, Anda bisa memasang timer khusus sebagai pertanda bahwa waktu bermain game Anda sudah habis. Awalnya, hal ini mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Ketika perangkat mati-pun, Anda bisa menyalakannya dan bermain lagi. Karenanya, cobalah untuk jujur pada diri Anda sendiri.

Bulatkan tekad anda

Dua hal di atas harus didukung dengan hati dan pendirian yang teguh. Jangan plin-plan dan bimbang. Anda harus membuat komitmen pribadi dalam diri Anda sendiri untuk berubah dan berhenti dari kecanduan bermain game.

Pegang komitmen itu, jangan sekali-kali melanggar peraturan atau komitmen yang telah Anda buat. Ketika godaan bermain game datang, jalan terbaik adalah merenung dan kembali meneguhkan hati untuk tidak tergoda.

Alihkan, jangan hindari

Ketika Anda sudah berhasil melakukan tiga hal di atas, tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengalihkan kegiatan bermain game ke hal-hal yang lebih positif. Pastikan hal itu tidak berhubungan dengan PC, smartphone, atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk bermain game.

Ada banyak kebahagiaan dan kesenangan yang dapat Anda nikmati di luar sana. Misalnya bermain musik bersama teman, mendaki gunung, touring, olahraga, berlibur, dan masih banyak hal lain.

Ada quote mengatakan bahwa “semakin Anda menghindari, maka semakin Anda terikat”. Oleh sebab itu akan jauh lebih efektif jika Anda mengalihkan kebiasaan bermain game tersebut, bukan justru menghindari.

Hargai diri sendiri

Tips yang terakhir, untuk keluar dari kecanduan bermain game, Anda membutuhkan sebuah motivasi. Anda bisa memeroleh sebuah motivasi dari luar atau dari dalam diri Anda sendiri. Motivasi yang Anda peroleh dari dalam diri Anda sendiri terkadang jauh lebih powerful.

Nah, untuk itulah Anda dapat memberikan hadiah khusus atau penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika Anda berhasil lepas dari kecanduan game. Percaya atau tidak, ini akan memperkuat komitmen Anda untuk lepas dari kecanduan bermain game yang mengekang hidup Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Like artikel ini jika kalian suka, tinggalkan komentar jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. (R)